5 Cara Memperbanyak ASI Dengan Bahan Alami Yang Aman Dikonsumsi

Dalam menjalankan tanggung jawab nya sebagai seorang ibu kepada anaknya, pasti lah setiap perempuan akan melakukan berbagai macam cara untuk bisa memenuhi kewajiban nya yang salah satunya menerapkan cara memperbanyak ASI. Mulai dari awal kehamilan memang momen tersebut menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap perempuan dari berbagai belahan bumi manapun.

Proses untuk menjadi ibu bukanlah perkara mudah yang akan dilewati oleh setiap wanita karena perjalanan yang akan dilalui sangatlah panjang. Mulai dari kehamilan dalam jangka waktu 9 (sembilan) bulan, menunggu proses kelahiran yang memperjuangkan antara hidup dan mati, hingga proses merawat sang bayi dengan wajibnya menyusui.

Memang bagi sebagian ibu apalagi yang memiliki background sebagai wanita karir pastilah memberikan ASI eksklusif kepada sang bayi terkadang menjadi hal yang tidak terlalu diperjuangkan.

Pasalnya dalam memberikan ASI, sang ibu haruslah berada selama 24 jam bersama dengan sang bayi dan masih banyak lagi proses yang harus dilalui agar produksi ASI akan terus lancar. Biasanya saja, dalam tempo waktu 2 (dua) bulan setelah melahirkan banyak para ibu yang sudah memulai kembali aktivitas mereka terutama di kantor.

Sehingga alternatif yang diberikan kepada satu-satunya hanya dengan cara menggantikan dengan susu formula. Hal yang seperti ini sebaiknya harus Anda ubah, meski produksi ASI pada payudara setiap wanita berbeda-beda setidaknya Anda melakukan berbagai macam cara yang kini dengan mudah bisa Anda lakukan agar produksi ASI menjadi melimpah dan sang bayi dapat terpenuhi kebutuhannya.

Konsumsi ASI ini menjadi hal wajib yang harus didapatkan oleh sang bayi mulai dari usia 0-6 bulan atau ada yang lebih. Karena dalam usia tersebut, perlu Anda ketahui sang bayi tidak boleh diberikan asupan makanan lain karena proses pencernaan dalam tubuhnya masih belum sanggup mengolah.

Maka tak heran jika Anda menemukan sang bayi yang mengalami masalah pencernaan yang parah hingga menyebabkan diare, bisa jadi karena perutnya itu tidak memberi respon positif terhadap susu formula yang dikonsumsi.

ASI memang sudah menjadi produksi alami oleh sang ibu untuk diberikan kepada sang bayi yang memang sudah pasti mendapatkan respon positif. Selain itu pun, ASI mengandung asupan gizi dan nutrisi yang tidak akan bisa Anda dapatkan dari susu formula manapun yang nantinya berpengaruh terhadap perkembangan tubuh dan otak sang bayi.

Porsi dan berat tubuh sang bayi pun akan berpengaruh dari seberapa banyak konsumsi ASI atau susu formula yang Anda berikan. Memang biasanya jika bayi Anda pada masa yang ditentukan hanya mengkonsumsi susu formula, berat badan yang dihasilkan biasanya jauh lebih besar dan porsi nya memang seperti kelebihan lemak.

Sangat berbeda dengan bayi yang hanya mengkonsumsi ASI saja, berat badannya akan lebih stabil dan kesehatan tubuh pun jauh lebih baik. Bayi yang diberikan asupan ASI eksklusif akan sulit terserang virus dan jenis penyakit tertentu karena sistem imun dan antibodi terbilang kuat.

Karena beberapa kelebihan dan pentingnya asupan ASI yang harus Anda berikan kepada sang bayi Anda, maka sekarang ini banyak hal yang bisa Anda coba untuk diaplikasikan agar produksi ASI pada payudara Anda menjadi melimpah.

Usahakan Anda tidak melakukan aktivitas apapun selama program ASI sehingga bisa tetap fokus. Kemampuan tubuh dan payudara setiap wanita dalam memproduksi ASI memang berbeda-beda, ada yang tidak pernah kekurangan ASI meski tidak pernah melakukan program cadangan seperti pompa ASI, namun ada pula wanita yang meski sudah melakukan pompa ASI dan konsumsi banyak makanan dan minuman pendukung namun tidak juga menghasilkan ASI yang maksimal.

Sebelum mempertimbangkan hal tersebut, Anda sebaiknya memahami dengan betul bahwasanya untuk mendapatkan ASI yang banyak tidak hanya dengan faktor luar, namun faktor internal seperti kesiapan mental, tingkat mood, dan kontak fisik dengan bayi pun terkadang mampu memberikan pengaruh yang besar.

Maka dari itu, kuncinya Anda harus lah siap secara fisik dan mental saat sudah menjadi seorang ibu. Banyak hal yang perlu Anda perhatikan dan kunci utamanya memang Anda tidak boleh langsung menyerah dan putus asa.

Karena selama waktu tersebut Anda masih bisa mencoba banyak hal dan lebih yakin agar nantinya ASI dari payudara Anda mampu keluar. Mungkin Anda belum mencoba obat herbal penyubur ASI yang dianggap tidak mampu memberikan dampak dan efek apapun.

Karena banyak orang yang berpendapat dengan Anda mengkonsumsi obat herbal tersebut dapat membahayakan kesehatan dan jiwa Anda sendiri. Padahal obat kimia lainnya jauh lebih berbahaya karena Anda tidak tahu dengan pasti apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya.

Cara memperbanyak ASI lainnya yang mungkin bisa Anda coba dan aplikasikan diantaranya:

Lakukan kontak fisik dengan sang bayi secara maksimal

Saat Anda menyusui, pastikan posisi memberikan ASI kepada sang bayi sudah Anda lakukan dengan tepat. Kontak fisik secara tidak langsung menjadi komunikasi Anda dengan sang bayi.

Hindari keadaan stress dan tidak mood

Banyak para ibu setelah melahirkan mengalami permasalahan ini. Meskipun sebelumnya tidak begitu, dikarenakan ASI yang dihasilkan tidak lah banyak alias bisa saja terhenti-henti membuat Anda menjadi stress dan tidak semangat. Apalagi jika sudah banyak cara yang Anda coba namun tidak kunjung memberikan hasil yang diharapkan. Anda harus menghadapi nya dengan santai dan rileks, tanamkan sugesti pada diri Anda bahwasanya ASI yang akan Anda produksi akan jauh lebih banyak. Saat ini hanya saja proses di dalam tubuh terjadi halangan sementara.

Perbanyak konsumsi air mineral

Setelah melahirkan, Anda memang terhalangi kemampuan untuk bergerak bebas. Karena hal inilah membuat banyak para ibu merasa tidak ingin membebankan orang lain untuk dimintai tolong terutama untuk mengambil minuman. Mulai dari sekarang, Anda harus menyediakan minuman mineral ini dalam kemasan yang lebih banyak dan besar sehingga pada waktu dan periode jam tertentu Anda bisa langsung minum sehingga kebutuhan air di dalam tubuh terus terpenuhi dan berpengaruh terhadap produksi ASI yang lancar.

Konsumsi bahan alami yang dapat memperlancar ASI

Kemudahan internet sebagai akses informasi kini sangat membantu Anda untuk mencari apa saja bahan alami yang mampu berperan sebagai perlancar ASI. Salah satu nya ada daun katuk yang memang sangat terkenal dengan keunggulannya yang mampu membuat produksi ASI Anda menjadi banjir. Akan tetapi, meskipun begitu jika Anda tidak mengetahui bagaimana proses pengolahan dan jumlah tertentu yang harus dikonsumsi akan percuma saja. Maka dari itu, temukan dengan jelas dan rinci mulai dari cara pengolahan dan jumlah yang bisa Anda konsumsi apakah dalam setiap harinya atau beberapa kali dalam seminggu.

Perbanyak konsumsi buah-buahan yang kaya akan serat dan air

Mulai dari buah semangka, pir, apel, anggur, lemon, dan jenis lainnya kini bisa Anda olah dan sajikan baik itu dalam bentuk jus atau konsumsi secara langsung.

Dari kelima cara memperbanyak ASI yang sudah disebutkan, ada baiknya Anda juga memperhatikan faktor emosional dan kontak batin dengan sang bayi agar proses produksi ASI dan menyusui dapat semakin lancar.