Berita Tentang Ciamis

Bencana alam memang tidak pernah bisa diprediksi datangnya. Banyak area yang pada awalnya aman tanpa diduga menjadi area yang cukup memprihatinkan berkat adanya bencana alam yang datang tanpa diduga.

Berita Ciamis perlu diinformasikan mengingat akhir – akhir ini Ciamis menjadi salah satu dari sekian daerah yang ada di Indonesia yang cukup sering mengalami bencana alam. Akibat pengaruh cuaca yang ekstrim ditambah dengan kondisi daerah yang masih terdapat banyak sekali pepohonan dan bukit membuat area ini memang patut untuk diwaspadai.

Ciamis merupakan salah satu daerah yang kini tengah dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Kabupaten Ciamis ini berdekatan dengan Pangandaran yang mana merupakan lokasi yang juga cukup rawan terhadap bencana alam, khususnya gempa bumi dan juga tsunami. Pada awal tahun 2018 yang lalu Ciamis mengalami bencana alam berupa angin puting beliung yang mengakibatkan sejumlah rumah, sekolah dan berbagai bangunan si Cibareum, Tasikmalaya roboh. Banyak warga kehilangan tempat tinggal akibat dari amukan angin kencang tersebut. Pemerintah khususnya Kabupaten Ciamispun segera turun tangan, mengambil tindakan berupa bantuan kepada para warga yang menjadi korban angin puting beliung tersebut. untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Tak hanya itu saja, ternyata puting beliung juga menghantam Desa Raja dan Desa Jatinegara, Ciamis, Jawa Barat dan menimbulkan kerusakan parah terhadap ratusan rumah warga. Bahkan kerugian yang ditanggung para korban mencapai puluhan jua rupiah. Kebanyakan rumah rusak akibat tertimba pepohonan sehingga ketika suasana sudah mereda, warga mulai bergotong – royong untuk membersihkan dan memperbaiki bangunan yang mengalami kerusakan akibat angin kencang tersebut.

Rupanya berita tentang Ciamis tak hanya berhenti di situ saja, karena pada taggal 18 Maret 2018 kemarin, lagi – lagi Ciamis berduka. Hujan yang turun dengan intensitas lebat disertai dengan angin kencang menumbangkan sejumlah pohon – pohon besar sehingga sempat menutupi akses di sejumlah jalan. Kejadian ini terjadi di Dusun Cibenda, Desa Neglasari, Pamarican, Ciamis, Jawa Barat. Bahkan akibat dari kejadian ini, akses jalan yang menghubungkan antara Pamarican dan Bajang lumpuh total. Akibatnya warga sekitar mulai saling bantu dan bergotong – royong membersihkan pepohonan yang tumbang tersebut. meskipun hanya mengandalkan peralatan seadanya namun warga tetap semangat untuk membersihkan sisa – sisa amukan angin tersebut agar akses jalan kembali berjalan normal.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun tetap saja mengakibatkan aktivitas warga sempat terhambat akibat akses jalan yang sempat tertutup. Berdasarkan semua peristiwa di atas, tentunya warga yang memang tinggal di daerah Ciamis, khususnya yang bermukim di area yang diduga rawan longsor dan masih bertempat tinggal dititik yang banyak pepohonan besar, sebaiknya memang dihimbau agar tetap waspada. Cuaca yang tidak bisa diprediksi menjadi salah satu kendala untuk melakukan antisipasi. Jikalau memang area atau lokasi tersebut sudah dalam tahap siaga maupun berada dixona yang kurang aman, sebaiknya memang warga dihimbau untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Alam memang tidak bisa diajak kerja sama, apalagi saat ini bencana alam bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Sehingga untuk mengantisipasi agar korban jiwa tidak semakin berjatuhan, ada baiknya untuk selalu waspada. Dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi, maka bisa membantu untuk meminimalkan jumlah korban. Itulah tadi beberapa berita tentang Ciamis yang semoga saja bisa menjadi informasi sekaligus menambah wawasan bagi anda.